Sedekah Bumi di Menganti Gresik Siap Digelar

menganti

 

GRESIK – Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat Desa Menganti, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur bersama Sukun King Size mengadakan kegiatan Sedekah Bumi. Sesuai rentetan acara, kegiatan akan mulai diadakan pada 2-6 November 2016.

Ketua panitia kegiatan M Ghufron mengatakan, kegiatan Sedekah Bumi bertujuan sebagai bentuk rasa syukur warga kepada Allah SWT atas rezeki yang tak pernah berhenti. “Selain juga meningkatkan solidaritas, kebersamaan antarwarga,” kata Ghufron.

Dia mengistilahkan, kegiatan bisa juga sebagai bentuk ruwatan desa yang dilakukan hampir setiap tahun. Biasanya, warga mengadakan setiap bulan September. Hanya pada tahun ini, kegiatan diadakan di November dikarenakan ada beberapa sebab.

Dia membeberkan rincian kegiatan Sedekah Bumi. Kegiatan mulai pada 2-4 November digelar lomba Religi Bebas. Kegiatan meliputi lomba Selawat Bebas tingkat SD dan SMP. Di lomba ini setiap grup dibatasi anggotanya 10 orang. Di lomba Religi Bebas lainnya adalah Azan, Tartil, Qiroah.

Kemudian pada Sabtu (5/11/2016), panitia mengadakan pengajian dengan pengisinya  KH Syahroni Fadlan dari Sidoarjo, Jawa Timur. Ghufron melanjutkan, panitia akan kembali memeriahkan rentetan acara lainnya. Yakni pada Minggu (6/11/2016). Di antaranya adalah acara Jalan Sehat yang dimulai pukul 06.00 WIB-11.00 WIB. Startnya mulai dari kantor Balai Desa Menganti-keliling kampung-dan finish ke kantor balai desa. Jaraknya sekitar 2 km.

Dilanjutkan lagi acara Kirab Tumpeng pada pukul 13.00 WIB. Mulai dari tugu hingga berakhir di lapangan desa setempat. Panitia baru melanjutkan acara lagi pada pukul 20.00 WIB berupa Campursari. Setelah itu selesai, lanjut Ghufron, kegiatan puncak digelar. Yaitu Wayang Kulit dengan dalang Ki Surwedi dari Sidoarjo. (*)

Tinggalkan komentar