Takbir Keliling Desa Gondosari Kudus Berlangsung Meriah

 

IMG-20160708-WA0001

 

KUDUS – Takbir keliling yang digelar Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Darussalam, Desa Gondosari, Kecamatan Gebog bersama PR Sukun, Selasa (5/7/2016) malam, Berlangsung meraih.

Kemeriahan tersebut ditandai dengan kehadiran peserta dari berbagai kelompok. selain itu pawai takbir keliling juga dipadati penonton, baik dari dalam desa maupun luar desa, yang memadati lokasi acara.

Fathutahman, panitia kegiatan mengataka, takbir keliling yang diselenggarakan tahun ini, lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya.Pada tahun ini kegiatan takbir keliling diikuti 12 kelompok, yang tiap kelompok terdiri dari ratusan orang.

”Satu kelompok sampai dengan ratusan orang yang ikut. Jadi kalau ada 12 kelompok, maka pesertanya bisa mencapai ribuan orang yang ikut serta di dalamnya,” katanya.

IMG-20160706-WA0002

 

Menurutnya, start dari ribuan peserta itu adalah lapangan Gebog. Kemudian takbir keliling dimulai dari Masjid Darussalam di depan MWC Gebog. Setelah itu, peserta berkeliling desa sambil mengumandangkan takbir.

Perjalanan yang ditempuh tiap peserta adalah sejauh tiga kilometer, hingga di finish di masjid yang sama. ”Saat berkeliling tidak hanya di jalan besar saja. Namun gang-gang juga dilalui. Hal itu semakin membuat kegiatan berlangsung meriah, karena masyarakat bisa menyaksikan langsung peserta,’ ungkapnya.

Untuk itu, panitia menyediakan hadiah untuk kelompok terbaik. Juri yang dipilih juga dari luar desa, untuk mencegah adanya kecurangan. ”Tema kami peradaban Islam Nusantara. Jadi semuanya bebas berekreasi, tapi juri yang akan menentukan,” ungkapnya.(*)

Tinggalkan komentar